Timnas Indonesia U-19 Siap Tantang Malaysia di Semifinal Piala AFF U-19 2024

Daftar Isi
Timnas Indonesia U-19 akan berhadapan dengan Malaysia pada semifinal Piala AFF U-19 2024. Pertandingan yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo pada Sabtu (27/7/2024) malam WIB ini akan menjadi ujian bagi Garuda Muda yang tampil sempurna di fase grup.

Skuad Merah-Putih, yang ditangani oleh pelatih Indra Sjafri, berhasil lolos sebagai juara Grup A dengan nilai sempurna sembilan poin dari tiga pertandingan. Sementara itu, Malaysia melangkah ke semifinal sebagai pemuncak Grup C dengan tujuh poin, unggul selisih gol atas Thailand setelah bermain imbang 1-1 pada laga terakhir, Kamis (25/7) sore WIB.

Keuntungan bermain di kandang tentu berada di pihak Indonesia. Namun, tekanan besar juga menyertai Garuda Muda karena tren negatif saat menghadapi Malaysia di ajang Piala AFF U-19.

Secara head-to-head, Indonesia belum pernah menang dalam empat pertemuan terakhir melawan Malaysia sejak 2013. Pertemuan terakhir yang berakhir imbang adalah pada 2013 dengan skor 1-1. Setelah itu, Malaysia selalu berhasil menang dalam tiga pertemuan selanjutnya.

Pada 2017, Indonesia kalah telak 1-4 dari Malaysia. Tahun 2018, pertandingan berakhir imbang 1-1 dalam waktu normal, namun Indonesia kalah 2-3 melalui adu penalti. Pada edisi 2019, Garuda Muda kembali mengalami kekalahan dengan skor 3-4 setelah perpanjangan waktu (imbang 3-3 di waktu normal).

Kini, dengan dukungan penuh dari suporter di kandang sendiri, Timnas Indonesia U-19 memiliki kesempatan untuk menghentikan tren negatif tersebut dan melaju ke final Piala AFF U-19 2024. Akankah Garuda Muda berhasil mengatasi tekanan dan meraih kemenangan bersejarah melawan Malaysia akhir pekan nanti? Semua akan terjawab di Stadion Gelora Bung Tomo.