More

    Daftar 12 Kota & Stadion Tuan Rumah Piala Eropa 2020

    ONESPORTS.ID - Pesta sepak bola Eropa siap digelar di 12 kota dan 12 stadion di 12 negara yang menjadi tuan rumah Euro 2020.

    - Advertisement -

    Sebanyak 12 kota dan stadion Piala Eropa 2020 siap menggelar laga penting. Turnamen ini akan istimewa karena diselenggarakan di 12 negara.

    UEFA selaku federasi sepak bola Eropa telah menetapkan sebanyak 12 kota dan stadion yang akan menjadi tuan rumah Euro 2020. Hal itu merupakan bentuk perayaan, tepatnya 60 tahun setelah kejuaraan pertama digelar yaitu pada 1960.

    Meskipun turnamen sepak bola terbesar didaratan Eropa tertunda akibat pandemi covid-19, berikut kami tampilkan profil singkat kota dan stadion Euro 2020.

    Kota dan Stadion Piala Eropa 2020

    1. Amsterdam – Johan Cruijff Arena

    Amsterdam – Johan Cruijff Arena. (foto: en.as.com)

    Johan Cruijff ArenA dengan kapasitas 54 ribu kursi, merupakan markas klub Ajax yang dulunya bernama Amsterdam Arena.

    Tempat itu berganti nama menjadi Johan Cruijff Arena pada 2018 untuk menghormati mantan pemain dan pelatih Ajax, yang lahir di Amsterdam dan meninggal pada Maret 2016.

    - Advertisement -

    Stadion ini sempat mengalami renovasi yang cukup signifikan guna menunjang fasilitas dan meningkatkan akses untuk penyelenggaraan Euro 2020.

    Nantinya, stadion Ajax ini akan menggelar 4 pertandingan. Diantaranya 3 pertandingan penyisihan di grup C dan babak 16 besar Euro 2020.

    2. Baku – Stadion Olimpiade Baku

    Baku – Stadion Olimpiade Baku. (foto: stadiumdb.com)

    Stadion yang pernah menggelar laga final Liga Eropa 2018/2019 antara Arsenal vs Chelsea ini terletak di kota Baku Azerbaijan.

    Venue berkapasitas 69 ribu tempat duduk ini merupakan homebase dari tim nasional Azerbaijan. Desainnya yang elegan membuat stadion ini multiguna untuk menjadi tuan rumah stadion Euro 2020.

    Stadion Olimpiade Baku akan menghelat laga penyisihan grup A dan pertandingan semifinal Piala Eropa 2020.

    3. Bilbao – Stadion San Mames

    Bilbao – Stadion San Mames. (foto: stadiumdb.com)
    - Advertisement -

    San Mames stadium pertama kali diresmikan pada tahun 1913 silam dan telah menjadi pusat budaya dan arsitektur dipusat kota Bilbao setelah penyelesaian renovasi pada tahun 2013.

    Stadion yang merupakan markas Athletic Bilbao ini dapat menampung penonton dengan kapasitas 53 ribu kursi dan memiliki kemegahan corak dengan nuansa merah yang sangat cocok dengan klub Athletic Bilbao yang mengenakan jersey berwarna merah juga.

    Baca juga : 5 Figur Sepak Bola Dunia Yang Sembuh Dari Covid-19

    Bilbao nantinya akan menggelar 4 pertandingan penting, 3 diantaranya tim Matador Spanyol akan melakukan laga distadion tersebut dibabak penyisihan grup dan satu laga dibabak dipartai 16 besar Euro 2020.

    4. Bukarest – Arena Nationala

    Bukarest – Arena Nationala. (foto: booking.com)

    Arena Nationala memiliki keistimewaan dengan atap yang dapat dibuka dan ditutup. Venue ini pun memiliki sejarah penting dengan menggelar konser-konser mendiang Michael Jackson dan merupakan tempat kekalahan timnas Italia pada tahun 1983 dibabak kualifikasi.

    - Advertisement -

    Stadion yang terletak di kota Bukarest ini dapat menampung 54 ribu penonton dan merupakan homebase bagi timnas Rumania, serta klub lokal Dinamo Bucuresti dan Fotbal Club FCSB.

    Arena Nationala akan menggelar 3 pertandingan dibabak penyisihan grup dan 1 laga 16 besar Euro 2020.

    5. Budapest – Stadion Puskas Ferenc

    Budapest – Stadion Puskas Ferenc. (foto: thestadiumbusiness.com)

    Stadion yang berdiri megah nan indah ini terletak dikota Budapest, Hongaria. Stadion ini dinamai berdasarkan nama pahlawan sepak bola Hongaria, Ferenc Puskas, yang secara luas dianggap sebagai striker terbaik pada masanya pada dekade 1950-an.

    Pada tahun 2002, nama stadion ini pun diganti dari Nepstadion (Stadion Rakyat) menjadi Stadion Puskas Ferenc untuk menghormatinya. Puskas Arena kini telah resmi dibuka pada 2019 lalu dan merupakan homebase dari timnas Hongaria.

    Dengan kapasitas 68 ribu kursi, venue ini nantinya akan menjadi tempat Portugal dan Prancis untuk melakoni laga dibabak penyisihan grup dan satu laga babak 16 besar Piala Eropa 2020.

    6. Kopenhagen – Stadion Parken

    Kopenhagen – Stadion Parken. (foto: eurovision.tv)

    Stadion Parken terletak dikota Kopenhagen, Denmark, dan merupakan stadion terbesar dinegara tersebut dengan kapasitas 38 ribu tempat duduk.

    Stadion ini merupakan markas besar timnas Denmark dan klub Super Liga Denmark, FC. Copenhagen. Setelah selesai direnovasi pada tahun 1992, sejarah membuktikan jika stadion ini pernah menjadi tuan rumah final Piala Winners tahun 1994 dan Piala UEFA ditahun 2000.

    Nantinya Stadion Parken akan menjadi tempat Tim Dinamit untuk menjamu Finlandia, Belgia dan Rusia dibabak penyisihan Euro 2020 dan satu laga babak 16 besar.

    - Advertisement -

    Related articles

    1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    Latest articles

    Daftar Topskor Liga Champions 2020/2021

    Klasemen Liga Inggris 2020/2021

    Daftar Top Skor Liga Inggris 2020/2021

    Klasemen La Liga Spanyol 2020/2021