BerandaBerita BolaApakah Gary Lineker menjadi pembawa acara Match of the Day malam ini?...

Apakah Gary Lineker menjadi pembawa acara Match of the Day malam ini? Presenter terbaru di BBC kembali ke MOTD setelah badai Twitter

Published on

- Advertisement -

Gary Lineker terlibat dalam salah satu kontroversi paling terkenal — dan mengejutkan — pada tahun 2023 minggu lalu ketika penangguhannya dari BBC menyebabkan gangguan besar dan rasa malu bagi penyiar nasional Inggris.

Mantan pemain internasional Inggris itu mundur dari menjadi pembawa acara Match Of The Day, acara sorotan Liga Premier di Inggris, pada 11 Maret menyusul penyelidikan BBC terhadap Tweet kontroversial yang dikirim oleh Lineker mengenai tagihan imigrasi baru Pemerintah Inggris.

Apa yang dimulai sebagai kritik terhadap pengumuman Departemen Dalam Negeri tentang undang-undang imigrasi baru yang lebih keras meledak menjadi perdebatan seputar pedoman ketidakberpihakan BBC dan hak-hak tokoh TV seperti Lineker untuk mengekspresikan pandangan pribadi.

Setelah beberapa kolega menolak untuk tampil di acara TV dan radio akhir pekan lalu sebagai solidaritas dengan Lineker, BBC terpaksa memprogram ulang jadwal olahraganya dengan tergesa-gesa, termasuk menampilkan paket sorotan bebas komentar yang dibatasi selama 20 menit sebagai pengganti Pertandingan. Hari Ini.

Pada akhirnya, penyiar mencapai resolusi dengan mantan striker Barcelona dan Tottenham itu.

LEBIH: Tonton langsung setiap pertandingan Liga Premier dengan fuboTV di Kanada

Apakah Gary Lineker menjadi pembawa acara Match of the Day malam ini?

Lineker telah mengonfirmasi bahwa dia akan kembali ke perannya sebagai pembawa acara Match Of The Day, posisi yang telah dia tutupi sejak 1999, tetapi dia tidak akan berada di kursi panas akhir pekan ini.

Terlepas dari perhatian besar atas comeback-nya, Lineker akan melewatkan tugas hosting MOTD pada 18 Maret karena persilangan penjadwalan dengan liputan Piala FA langsung BBC.

Bentrokan perempat final Manchester City dengan Burnley akan menjadi tugas pertama Lineker sejak kehebohan pekan lalu. Karena pertandingan dimulai kurang dari lima jam sebelum MOTD akan dimulai, Mark Chapman malah diharapkan menjadi pembawa acara sorotan Liga Premier.

Itu berarti Lineker kemungkinan tidak akan menjadi pembawa acara lagi hingga 1 April, setelah jeda internasional.

Mengapa Gary Lineker dicopot dari tugas MOTD?

BBC berhenti secara resmi menangguhkan Lineker dari posisinya di Match Of The Day, dengan sikap awal mereka menegaskan niat untuk mengadakan “percakapan jujur” dengan mantan striker untuk “mengingatkannya akan tanggung jawabnya” sehubungan dengan panduan staf BBC tentang ketidakberpihakan.

Presenter dan jurnalis BBC terikat oleh aturan ketat untuk menjaga sikap netral terhadap kebijakan pemerintah, dalam peran mereka sebagai perwakilan penyiar negara.

Namun, posisi Lineker sebagai pekerja lepas menciptakan ‘wilayah abu-abu’ atas aturan tersebut, dengan pria berusia 62 tahun itu mengklaim bahwa dia tidak mengetahui adanya batasan terkait kemampuannya untuk memposting secara online.

BBC sekarang telah mengkonfirmasi rencana mereka untuk melakukan tinjauan independen terhadap pedoman media sosial setelah baris Lineker.

Kapan Alan Shearer dan Ian Wright akan kembali ke BBC?

Liputan sepak bola BBC akhir pekan lalu berubah menjadi kekacauan ketika rekan-rekannya berdiri dalam solidaritas dengan Lineker dengan menarik diri dari acara televisi dan radio.

Di antara yang pertama menunjukkan dukungan mereka untuk Lineker dengan menolak tampil di MOTD sebagai pakar adalah mantan striker Inggris dan lawan main reguler Match Of The Day Alan Shearer dan Ian Wright.

Mantan pemain Liga Premier men-tweet keputusan mereka untuk mendukung Lineker, dengan Wright sejak mengklaim BBC perlu membuat perubahan besar di balik insiden tersebut.

Baik Shearer dan Wright diharapkan untuk bergabung kembali dengan Lineker mulai 1 April di MOTD. Wright mungkin muncul di acara akhir pekan ini, tetapi Shearer akan bergabung dengan Lineker sebagai pandit untuk Man City vs Burnley.

Dukungan yang lebih luas untuk Lineker berarti nama-nama penting lainnya di BBC, termasuk Jermaine Jenas, Alex Scott dan Dion Dublin semuanya mengonfirmasi bahwa mereka tidak akan tampil di acara itu, dengan Match Of The Day, Match Of The Day 2, BBC Radio 5Live dan Cakupan Liga Super Wanita semuanya direduksi menjadi elemen dasar saat komentator dan presenter bergabung dalam pemogokan.

Masa depan MOTD: Apakah Match Of The Day dibatalkan?

BBC telah berusaha untuk menerapkan kontrol kerusakan atas situasi dengan direktur jenderal BBC yang memeriksa nama Lineker Tim Davie untuk perannya dalam mencapai resolusi.

Namun, kontroversi yang berputar-putar terus berlanjut, dengan kepala eksekutif Liga Premier Richard Masters mengonfirmasi bahwa penyiar saingan sedang mempertimbangkan tawaran untuk mengambil alih acara sorotan resmi Inggris.

BBC dilaporkan membayar £211 juta ($236 juta) per tahun untuk menayangkan sorotan Liga Premier pada Sabtu malam dan Minggu pagi. Dengan perpanjangan kontrak, diharapkan penyiar saingan dapat melihat ke BBC dengan tawaran yang lebih besar.

Pada tahun 2001, ITV mengalahkan BBC untuk menjadi penyiar Inggris dari acara sorotan resmi Liga Premier. Program itu, ‘The Premiership’, berlangsung hingga akhir musim 2003/04, di mana BBC mendapatkan kembali haknya.

- Advertisement -

Latest articles

Berita Terkait