Gareth Bale Pesepakbola pensiun setelah karir terkenalnya bersama Tottenham, Real Madrid dan LAFC

- Advertisement -

Gareth Bale Bintang sepak bola internasional secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya pada Senin setelah 18 musim bermain di level tertinggi olahraga tersebut.

Bale, yang saat ini berusia 33 tahun, bermain di Liga Premier Inggris untuk Southampton dan Tottenham Hotspur, La Liga untuk Real Madrid dan satu tahun di MLS untuk Los Angeles FC.

Dia juga membuat 111 penampilan untuk negara asalnya Wales, termasuk dua turnamen UEFA Euro serta Piala Dunia 2022 di Qatar.


Gareth Bale mengakhiri karir yang luar biasa dengan gelar Piala MLS. (Foto oleh James Williamson - AMA/Getty Images)

Gareth Bale mengakhiri karir yang luar biasa dengan gelar Piala MLS. (Foto oleh James Williamson – AMA/Getty Images)

Dari sentuhan pertama saya di Southampton hingga terakhir saya dengan LAFC dan segala sesuatu di antaranya, membentuk karir klub yang sangat saya banggakan dan syukuri. Bermain untuk dan menjadi kapten negara saya 111 kali benar-benar mimpi yang menjadi kenyataan,” Bale tulisnya dalam sebuah pernyataan di Twitter. “Untuk menunjukkan rasa terima kasih saya kepada semua orang yang telah memainkan peran mereka sepanjang perjalanan ini, rasanya seperti mustahil. Saya merasa berhutang budi kepada banyak orang karena telah membantu mengubah hidup saya dan membentuk karier saya dengan cara yang tidak pernah saya impikan. ketika saya pertama kali memulai pada usia 9 tahun.

“Setelah pertimbangan yang cermat dan bijaksana, saya mengumumkan segera pensiun dari klub dan sepak bola internasional. Saya merasa sangat beruntung telah mewujudkan impian saya bermain olahraga yang saya sukai. Itu benar-benar memberi saya beberapa momen terbaik dalam hidup saya,” tulis mantan pemain Real Madrid itu di akun Instagram pribadinya, Senin (9/1/2023).

Dia memenangkan empat Liga Champions, dua gelar La Liga dan tiga Piala Dunia Klub, serta menjadi kapten Wales di Piala Dunia pertama mereka sejak 1958.

“Yang tertinggi dari yang tertinggi selama 17 musim, itu tidak mungkin untuk ditiru, tidak peduli apa yang ada di bab selanjutnya untuk saya,” sambung Bale.

“Dari sentuhan pertama saya di Southampton hingga terakhir saya dengan LAFC dan segala sesuatu di antaranya, membentuk karir klub yang sangat saya banggakan dan syukuri. Bermain untuk dan menjadi kapten negara saya 111 kali benar-benar mimpi yang menjadi kenyataan,” tambahnya.

“Untuk menunjukkan rasa terima kasih saya kepada semua orang yang telah memainkan peran mereka sepanjang perjalanan ini, rasanya seperti mustahil. Saya merasa berhutang budi kepada banyak orang karena telah membantu mengubah hidup saya dan membentuk karier saya dengan cara yang tidak pernah saya impikan. ketika saya pertama kali memulai pada usia 9 tahun,” lanjut Bale

“Untuk klub saya sebelumnya, Southampton, Tottenham, Real Madrid dan akhirnya LAFC. Semua manajer dan pelatih saya sebelumnya, staf ruang belakang, rekan satu tim, semua penggemar yang berdedikasi, agen saya, teman dan keluarga saya yang luar biasa, dampak yang Anda berikan tak terukur,” sambung Bale.

“Kepada keluarga Welsh saya, keputusan saya untuk pensiun dari sepak bola Internasional sejauh ini merupakan yang tersulit dalam karir saya. Bagaimana saya menggambarkan menjadi bagian dari negara dan tim ini berarti bagi saya? Bagaimana saya mengartikulasikan dampaknya terhadap hidup saya? Bagaimana saya mengungkapkan perasaan saya dengan kata-kata, setiap kali saya mengenakan seragam Welsh itu?” ungkapnya.

“Jawaban saya adalah bahwa saya tidak mungkin melakukan hal-hal itu dengan adil, hanya dengan kata-kata. Tapi saya tahu bahwa setiap orang yang terlibat dalam sepak bola Welsh, merasakan keajaiban, dan terpengaruh dengan cara yang begitu kuat dan unik, jadi saya tahu Anda merasakan apa yang saya rasakan, tanpa menggunakan kata-kata sama sekali.Perjalanan saya di panggung internasional adalah salah satu yang tidak hanya mengubah hidup saya tetapi juga siapa saya,” tutup Bale.

Bale memulai karir profesionalnya pada usia 16 tahun untuk Southampton, di mana dia mencetak lima gol dalam 40 penampilan.

Dia menandatangani kontrak dengan Tottenham dua musim kemudian pada usia 18 tahun di mana dia mencetak 42 gol dalam 146 penampilan dari 2007-13. Bale meninggalkan Tottenham ke Real Madrid pada 2013 dengan rekor transfer £85,3 juta ($104 juta) dan mencetak 81 gol dalam 176 penampilan untuk klub La Liga tersebut.

Dia kembali ke Tottenham pada tahun 2020 dengan status pinjaman satu tahun dan mencetak 11 gol dalam 20 penampilan. Bale menyelesaikan karirnya dengan Los Angeles musim lalu di mana dia mencetak dua gol dalam 12 penampilan.

- Advertisement -

Bale memenangkan tujuh gelar klub selama karirnya: tiga gelar La Liga bersama Real Madrid pada 2016, 2019, dan 2022; lima gelar Liga Champions UEFA bersama Real Madrid dari 2016-18 dan 2022; dan satu Piala MLS pada tahun 2022.

Bale mengakhiri karir klubnya dengan sundulan yang luar biasa untuk LAFC di perpanjangan waktu yang membantu tim memenangkan gelar melalui tendangan penalti.

Gareth Bale Pesepakbola pensiun setelah karir terkenalnya bersama Tottenham, Real Madrid dan LAFC
Gareth Bale Pesepakbola pensiun setelah karir terkenalnya bersama Tottenham, Real Madrid dan LAFC

Adapun karir internasionalnya, Bale mencetak 41 gol dalam 111 penampilan untuk Wales, termasuk skor tendangan penalti melawan Amerika Serikat di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022.

- Advertisement -

Top News

Latest News